Selamat Datang di
Porang_ bersinar

Anggota Gratis
Porang_ bersinar
Indonesia
  • Jual

    Porang

    Porang

    Harga:
    Rp 20.000,-/kg
    Jumlah Pesanan:
    Negara Asal:
    Indonesia
    Cara Pembayaran:
    Tunai
    Jumlah:
    sesuai kebutuhan
    Kemas & Pengiriman:
    tergantung pemesanan
    PORANG atau iles-iles ( Sunda : ileus) , sejenis umbi-umbian yang tumbuh liar di hutan. Tanaman bergelar amorphopallus oncophillus ini, sekarang telah menjadi komodoti ekspor cukup penting di Jawa Timur.Tanaman Porang adalah tanaman daerah tropis yang termasuk family iles-iles. Tanaman ini mempunyai umbi yang kandungan Glucomanan-nya cukup tinggi
    Tanaman Porang merupakan tumbuhan herba dan menchun. Batang tegak, lunak, batang halus berwarna hijau atau hitam belang-belang ( totol-totol) putih. Batang tunggal memecah menjadi tiga batang sekunder dan akan memecah lagi sekaligus menjadi tangkai daun. Pada setiap pertemuan batang akan tumbuh bintil/ katak berwarna coklat kehitam-hitaman sebagai alat perkembangbiakan tanaman Porang. Tinggi tanaman dapat mencapai 1, 5 meter sangat tergantung umur dan kesuburan tanah.
    Di Indonesia tanaman Porang dikenal dengan banyak nama tergantung pada daerah asalnya. Misalnya disebut acung atau acoan oray ( Sunda) , Kajrong ( Nganjuk) dll. Banyak jenis tanaman yang sangat mirip dengan Porang yaitu diantaranya: Suweg, Iles-iles dan Walur.
    Manfaat Porang banyak sekali terutama untuk industri dan kesehatan, hal ini terutama karena kandungan zat Glucomanan yang ada di dalamnya. Adapun manfaat unbi Porang adalah sebagai berikut:
    1. Bahan lem
    2. Juli
    3. Mie
    4. Conyaku/ tahu
    5. Felem
    6. Perekat tablet
    7. Pembungkus kapsul
    8. Penguat kertas

    Pangsa pasar umbi Porang mencakup pasar luar negeri dan dalam negeri.

    1. Untuk pangsa pasar dalam negeri; umbi Porang digunakan sebagai bahan mie yang dipasarkan di swalayan, serta untuk memenuhi kebutuhan pabrik kosmetik sebagai bahan dasar.
    2. Untuk pangsa pasar luar negeri; masih sangat terbuka yaitu terutama untuk tujuan Jepang, Taiwan, Korea dan beberapa negara Eropa.

    Produk dipasarkan oleh LMDH binaan Perum Perhutani dalam bentuk unbi basah dan umbi kering ( chips) .
    ( Sumber: Biro Pembinaan dan Konservasi SDH Perhutani)


Anda mendapat [3] permintaan baru.
Ke Menu Anggota

Depan - Penawaran Dagang - Daftar Produk - Daftar Permintaan - Daftar Kerjasama - Daftar Perusahaan
© 2024 Indotrade.com. Hak Cipta Dilindungi Undang-undang.