Selamat Datang di
Jogja Parenting Community

Anggota Gratis
Jogja Parenting Community
Jogja Parenting Community
Indonesia
  • Kerjasama

    Penawara Sponsorship Seminar Program Edukasi Kesehatan Anak untuk Orang Tua

    Jumlah Pesanan:

    Keterangan :

    Anak merupakan populasi yang paling terpapar pada â overmedicationâ termasuk overtreatment dengan antibiotik. Penelitian menunjukkan bahwa untuk penyakit harian seperti demam, batuk pilek, diare muntah, anak memperoleh resep polifarmasi ( banyak obat sekaligus ketika kondisinya tidak membutuhkan banyak obat) yaitu rata-rata 5 obat dengan tingkat peresepan antibiotik yang tinggi ( 86% ) . Padahal, kondisi di atas umumnya disebabkan infeksi virus, sifatnya self limiting, tidak membutuhkan antibioitik dan kalaupun butuh obat hanya 2 atau kurang.

    Salah satu penyebab tidak rasionalnya pola pengobatan di Indonesia adalah kurangnya pengetahuan pasien. Tanpa modal pengetahuan, orangtua mudah panik dan tidak bisa membuat keputusan ilmiah secara rasional dan bijak. Oleh karena itu, pasien harus diberdayakan karena urusan kesehatan tidak bisa sepenuhnya diserahkan ke pundak tenaga kesehatan. Pasien hanya bisa berdaya apabila meeka menyadari hak dan kewajibannya, apabila mereka menyadari bahwa mereka adalah konsumen dan mereka harus menjadi konsumen yang cerdas.

    Yayasan Orang Tua Peduli ( YOP) adalah suatu organisasi non profit yang bergerak di bidang edukasi kesehatan untuk masyarakat. Tujuan utamanya adalah bahwa semua orang ( anak) berhak memperoleh layanan kesehatan yang terbaik. Oleh karena itu, sejak tahun 2003 kami melakukan berbagai strategi dalam rangka â Promoting Rational Use of Medicineâ dan dalam rangka mensosialisasikan â Patient Safetyâ .

    Kegiatan edukatif kami meliputi penyelenggaraan â kursusâ kesehatan alias sebagai Program Edukasi Kesehatan Anak untuk Orang Tua ( PESAT) . â kursusâ ini dikerjakan di beberapa kota di berbagai wilayah Indonesia. Selain itu, kami juga memiliki sebuah mailing list ( sehat@ yahoogroups.com) dan sebuah web ( www.milissehat.web.id) , serta melaksanakan berbagai penelitian.

    Pada semester pertama tahun 2011, YOP bekerja sama dengan Jogja Parenting Community ( jogjaparenting.com) akan menyelenggarakan PESAT bagi warga kota Yogyakarta dan sekitarnya.

    PESAT bertujuan untuk mewujudkan kesadaran para orang tua akan kondisi kesehatan anak-anak secara rasional sehingga orang tua menjadi lebih bijak dalam menangani masalah kesehatan anak dan menjadi konsumen kesehatan yang cerdas, serta mampu memposisikan dirinya sebagai mitra bagi dokter anaknya. YOP sendiri merupakan organisasi nirlaba yang salah satu kegiatan utamanya adalah melakukan edukasi kesehatan melalui mailing list yang diikuti oleh lebih dari 9000 orang tua yang berdomisili di seluruh kota besar di Indonesia hingga ke mancanegara.

    Topik yang akan diangkat pada Pesat Yogyakarta tahun 2011 adalah
    Sesi I ( 22 Januari 2011) :
    Topik 1 : Common Problems ( Batuk Pilek, Diare, Konstipasi, Muntah dan Infeksi Saluran Kemih ( ISK) )
    Topik 2 : ASI, Perawatan Bayi Baru Lahir dan Kuning pada Bayi ( Jaundice)
    Topik 3 : MPASI dan Menilai Tumbuh Kembang Anak

    Sesi II ( 23 Januari 2011) :
    Topik 1 : Seputar Imunisasi
    Topik 2 : Kegawatdaruratan pada anak serta cara penanganannya
    Topik 3 : Layanan Kesehatan Terbaik untuk Konsumen, Rational Use of Medicines ( RUM)

    Pembicara PESAT terdiri dari pembicara tetap dan pembicara tamu.

    Pembicara Tetap : Dr. Purnamawati, SpA( K) , MMPed.
    Mantan staf pengajar di FKUI, aktif menyelenggarakan kegiatan seminar, radio talkshow, dan membina milis ( sehat@ yahoogroups.com) dengan satu tujuan, mencerdaskan konsumen kesehatan Indonesia agar dapat mempersembahkan kehidupan yang lebih baik untuk anak-anak.

    Pembicara Tamu :
    Pembicara tamu ini berasal dari kalangan medis, baik akademisi maupun praktisi, dan non medis yaitu dari orangtua ( smart parents) .

    Jumlah peserta per sesi dalam rangkaian seminar ini adalah 100 sd. 150 orang, yang terdiri dari 130 peserta biasa dan 20 peserta undangan. Peserta biasa adalah para orang tua yang memenuhi klasifikasi dan memberikan kontribusi biaya pelatihan. Peserta undangan adalah para tenaga medis, antara lain dokter muda, bidan, dan suster.

    Kualifikasi Peserta:
    1.Usia produktif.
    2.Orang tua yang telah dan/ atau akan memiliki anak bayi/ balita.
    3.Bersedia menjawab kuis, kuesioner ( bila suami istri mengikuti paket ini, masing-masing diperlakukan secara independen, jadi menjawab kuis dan kuesioner sendiri-sendiri) .
    4.Bersedia mengikuti keseluruhan sesi yang dijalankan.

    Sehubungan dengan pelaksanaan program tersebut, kami mengharapkan untuk dapat menjalin kemitraan strategis dengan kami melalui kerjasama sponsorship.
    Detail informasi menegenai sponsorship dapat menghubungi
    Diani email: dnajwa@ gmail.com atau sms / telp ke HP: 0274 2122284

    Terimakasih



Anda mendapat [3] permintaan baru.
Ke Menu Anggota

Depan - Penawaran Dagang - Daftar Produk - Daftar Permintaan - Daftar Kerjasama - Daftar Perusahaan
© 2024 Indotrade.com. Hak Cipta Dilindungi Undang-undang.